Website Resmi SMP Islam Al-Fajar Maleber

PENINGKATAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM AL-FAJAR MALEBER MELALUI AMANAT PEMBINA UPACARA BENDERA

 

Oleh: Romi Maulana

Senin, 20 November 2023 M/07 Jumadil Awal 1445 H pukul 16:18 WIB

Suasana Upacara Bendera (Foto: Admin)

“Mentaati semua peraturan dan menjauhi larangan dengan sunguh-sungguh, itulah yang dinamakan dengan kedisiplinan.”
(Solahudin, S.Pd)

CIANJUR – Saat ini dunia sedang dihadapkan dengan suatu persoalan yang sangat penting yaitu tentang disiplin. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), disiplin dapat diartikan sebagai tata tertib dan kepatuhan serta ketaatan terhadap suatu aturan tertentu.

Disiplin dapat diterapkan dimana saja, dimulai dari dalam lingkungan keluarga, lingkungan pendidikan, hingga masyarakat. Salah satu manfaat jika kita senantiasa berlaku disiplin yaitu kita terbiasa mentaati terhadap suatu aturan baik dilingkungan keluarga, lingkungan pendidikan dan masyarakat.

Sebuah kepastian jika kita tidak memiliki sikap disiplin maka kita harus siap menelan kepahitan dalam menghadapi konseksekuensi atau akibat dari pelanggaran dari aturan tersebut. Contoh kecilnya saja di lingkungan pendidikan, jika kita tidak memiliki sikap disiplin tentang aturan seragam/pakaian peserta didik dan kelengkapan atribut sekolah, maka kita harus siap menerima sanksi dan hukuman yang diberikan oleh Sekolah melalui Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan. Apalagi jika kita tidak memiliki sikap disiplin di lingkungan pekerjaan dan masyarakat tentu akan sangat jauh berbeda.

Pendidikan merupakan sebuah proses untuk mentransfer norma-norma, ilmu pengetahuan dan keterampilan dengan sistematis untuk membentuk peserta didik yang cerdas dan berakhlak.

Dilansir dari DetikEdu.com, pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara selaku Bapak Pendidikan Indonesia yang terkenal dengan semboyannya yaitu: “Ing Ngarsa Sung Tulada” (seorang guru di depan menjadi teladan bagi peserta didik), “Ing Madya Mangun Karsa” (seorang guru di depan membangun kemauan peserta didik), “Tut Wuri Handayani” (seorang guru di depan memberi kekuatan dan dorongan kepada peserta didik kearah kreatif, inovatif dan mandiri).

SMP Islam Al-Fajar Maleber sebagai satuan pendidikan bahkan ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk menjadi salah satu sekolah yang melaksanakan program Sekolah Penggerak. Sekolah penggerak merupakan sebuah program merdeka belajar, yang memberikan kebebasan kepada guru dan peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah dengan berbasis proyek sebagai kurikulum sekolah penggerak. Pendidikan juga diharapkan mampu untuk membentuk dan mewujudkan peserta didik dan generasi penerus bangsa agar disiplin dan cerdas.

Memulai amanat pembina upacara bendera, Solahudin, S.Pd menyampaikan sebuah pantun yang berbunyi:

“Mamat Berdiri Jafar Tengkurep
Selamat Pagi siswa/i Al-Fajar yang Cakep-Cakep”

Sebuah pantun yang beliau sampaikan merupakan pantun yang dibuat dadakan seperti slogan tahu bulat saat memulai amanatnya, dengan melalui upacara bendera, Solahudin, S.Pd memberikan motivasi dan peringatan tentang hal disiplin yang dimana harus diterapkan disemua lini kehidupan baik di lingkungan pendidikan dan luar pendidikan.

Ada beberapa penyakit di sekolah yang selalu peserta didik lakukan yang diharapkan ke depan ditinggalkan dan menjadi peserta didik yang lebih baik lagi, “sikap kurap (kurang rapi), kudis (kurang disiplin), kutil (kurang teliti).” ujarnya menjelaskan tentang penyakit – penyakit yang selalu dilakukan peserta didik.

Selanjutnya, Solahudin, S.Pd menyampaikan tentang beberapa upaya untuk meningkatkan kedisiplinan di sekolah yaitu:

1. Datang ke sekolah tepat waktu (pukul 07.00 WIB) dan lebih baik jika datang sebelum pukul 07.00 WIB;

2. Memiliki sikap sopan santun kepada dewan guru, teman yang lebih tua, teman yang sesama, teman yang lebih muda dan seluruh warga sekolah;

3. Memakai seragam sesuai dengan ketentuan sekolah;

4. Mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru dengan tepat waktu;

5. Belajar dengan sungguh-sungguh dan tekun; dan

6. Menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Demikian artikel singkat tentang “Peningkatan Kedisiplinan Peserta Didik di SMP Islam Al-Fajar Maleber Melalui Amanat Pembina Upacara Bendera”. Semoga artikel ini dapat membatu anda dalam mewujudkan peserta didik yang disiplin di semua lini kehidupan.

(Editor: Romi Maulana)

Share this 

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on google
Google+
Share on email
Email

Tinggalkan komentar